Bhabinkamtibmas Polsek Darul Ihsan Imbau Warga Untuk Tidak Membakar Jerami Usai Panen Padi

Aceh Timur – Kepolisian Sektor (Polsek) Darul Ihsan Polres Aceh Timur Polda Aceh mengimbau masyarakat agar tidak membakar jerami usai melakukan panen padi.

Pasalnya, saat ini masa panen para petani di sebagian wilayah Darul Ihsan sudah mulai ada beberapa yang sedang berlangsung. Pasca kegiatan panen, biasanya banyak diantaranya menyisakan sampah pertanian seperti jerami padi.

Seperti dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Darul Ihsan Bripka M. Taufik pada Jum’at, (19/04/2024) pagi mengimbau kepada warga Gampong Meudang Ara yang sedang panen padi untuk tidak membakar jerami usai panen.

“Kami mengimbau kepada masyarakat, karena sekarang sedang musim kemarau, agar tidak membakar jerami usai panen, karena itu akan membuat polusi udara dan berpotensi terjadinya kebakaran” ujar Taufik.

Sementara, Kapolsek Darul Ihsan Iptu Alizar mengajak masyarakat turut menjaga kesehatan alam dengan tidak membuat polusi lewat pembakaran sampah.

“Saya juga ingin mengajak masyarakat Kecamatan Darul Ihsan agar, pertama tidak membuang serta membakar sampah sembarangan dan kedua kami mengajak masyarakat untuk tidak membakar jerami padi sisa panen” ujar dia.

Kapolsek menyarankan para petani untuk lebih memanfaatkan sampah jerami itu untuk pakan peternakan. Selain mengurangi potensi kebakaran lahan, juga mengurangi biaya untuk pakan ternak.

“Kalau bisa, jerami padi sisa panen tersebut dimanfaatkan untuk pakan ternak, jangan dibakar. Karena, dengan membakar jerami padi itu nanti asapnya membuat polusi udara bagi masyarakat lainnya.” Imbau Kapolsek Darul Ihsan Iptu Alizar. (Lintang).